Jika ditanya recruiter Apakah ada pertanyaan?

Apa yang Harus Dikatakan Saat Ditanya “Apakah Ada Pertanyaan?” di Akhir Interview 🤔

 
Saat interview kerja, kamu terkadang tidak hanya menjawab pertanyaan tetapi juga menanyakan sesuatu kepada pewawancara. Biasanya pewawancara akan menanyakan “Apakah ada pertanyaan?” di akhir interview.
 
Perlu kamu ketahui, pertanyaan tersebut biasanya digunakan oleh pewawancara untuk mengetahui apakah kamu benar-benar tertarik dan serius melamar di perusahaan mereka, hal ini juga bisa menjadi nilai tambah di mata para pewawancara. Sehingga, bisa dikatakan bahwa peluangmu lolos ke tahap selanjutnya akan semakin besar.
 
Sebelumnya, bedakan pertanyaan untuk HRD dan User ya!
Setiap perusahaan pasti punya standar dan proses menyeleksi karyawan yang berbeda-beda. Namun umumnya, perusahaan akan mengadakan proses seleksi interview dengan HRD dan juga User. Interview HRD biasanya akan dilaksanakan di awal tahapan dan ketika kamu dinyatakan lolos interview HRD, selanjutnya kamu akan menghadapi interview User.
 
🔴 Pertanyaan Interview untuk HRD
 
1. Budaya Perusahaan
Tanyakanlah seputar budaya perusahaan. Kamu juga jadi lebih memahami budaya apa saja yang mereka terapkan. Jika nantinya kamu dinyatakan lolos, maka kamu sudah tidak kaget lagi dengan budaya perusahaan itu.
 
2. Tanyakan Jenjang Karier
Untuk kamu yang ingin terus meningkatkan karier, kamu bisa bertanya pada HRD adakah program pelatihan dan pengembangan karyawan di perusahaan tersebut.

3. Alur Penerimaan Karyawan
Jangan lupa untuk menanyakan bagaimana alur tes penerimaan karyawan di perusahaan tersebut.
 
Kamu juga bisa bertanya “Jika saya lolos ke tahap selanjutnya, kapan saya akan dihubungi kembali?”
 
🔴 Pertanyaan untuk User
Jika kamu dinyatakan lolos wawancara HRD, maka tahap selanjutnya yaitu interview User. User di sini nantinya yang akan menangani kamu atau menjadi atasan kamu secara langsung.
 
1. Detail Job Desc
Kamu bisa menanyakan detail job desc posisi yang kamu lamar. Di sini lah kamu akan memastikan bahwa pekerjaan yang akan kamu lakukan sesuai dengan apa yang kamu inginkan dan dibutuhkan perusahaan.
 
2. Alur Pekerjaan
Selain detail job desc, kamu juga bisa menanyakan alur pekerjaan yang akan kamu tangani nantinya.
 
3. Keterikatan Kerja Sama dengan Divisi Lain
Jangan lupa juga untuk menanyakan dengan divisi mana kamu akan lebih banyak bekerja sama.
 
4. Tantangan yang Akan Dihadapi
Tanyakan lebih dalam terkait tantangan terbesar apa saja yang akan kamu hadapi jika diterima di posisi yang kamu lamar. Meski pada dasarnya setiap pekerjaan memiliki tantangan tersendiri, tapi tidak ada salahnya menanyakan kembali hal ini ya!
 
Semoga informasi ini membantu ya 🥳
Sumber: https://www.linkedin.com/posts/nur-halimah-maukerjaid_job-interview-interviewtips-activity-6952445774869790720-Ijvj?utm_source=linkedin_share&utm_medium=member_desktop_web
Metode: Copas

No comments:

Post a Comment